wb_sunny

Breaking News

Tetap Stay Safe Dengan Tetap Waspada

Tetap Stay Safe Dengan Tetap Waspada



Menyambut datangnya masa new normal di tengah pandemi Covid-19, ada banyak pertanyaan yang timbul di tengah masyarakat, salah satunya yakni benda wajib selalu ada dan dibawa saat new normal.

Dengan kembalinya aktivitas di tengah pandemi Covid-19 tentu berdampak pada tingkah laku masyarakat yang mana perlu menyesuaikan diri dalam menjalankan aktivitas yang dibayang-bayang oleh virus corona.

Oleh sebab itu, kita perlu melakukan upaya pelindungan untuk diri sendiri agar terhindar dari penularan virus corona, misalnya dengan membawa benda wajib selalu ada dan dibawa saat new normal.

Dilansir dari Kompas.com, Chairman Junior Doctor Network yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Sawah Besar, Jakarta Pusat, dr. Andi Khomeini Takdir Haruni SpPD(K), mengatakan, barang-barang yang dibawa adalah yang mendukung upaya pencegahan virus corona.

Barang-barang itu, di antaranya yaitu masker, cairan cuci tangan, hingga membawa sabun cuci tangan sendiri.

“Masker, hand sanitizer, atau sabun cuci tangan,” ujar dr. Andi, Kamis (4/6/2020).

Tak hanya itu, ada pula perangkat lain yang perlu dibawa, seperti pelindung mata.

“Googles untuk melindungi droplet yang mungkin masuk mata," kata dia.

Selain itu dia juga mengatakan, barang-barang untuk keperluan makan dan minum sebaiknya juga dibawa sendiri agar penggunaannya tak bersama dengan orang lain.

“Alat makan sendiri seperti sendok, garpu, piring,” lanjut dia.

Senada dengan dr. Andi, tim mitigasi Covid-19 PT. Kaltim Prima Coal (KPC) juga turut membagikan delapan benda selalu ada dan dibawa saat new normal, di antaranya:

1. Masker kain

Di saat seperti ini, masker bukanlah menjadi benda asing melainkan benda wajib yang telah menjadi teman setia setiap saat.

Bahkan, beberapa lokasi dan aktivitas juga menuntut untuk selalu menggunakan masker, sehingga masker bukanlah menjadi benda asing lagi jaman kini.

2. Vitamin atau buah-buahan

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terbebas dari infeksi virus corona, kita perlu mendapatkan cukup vitamin C, kita mendapatkannya kita bisa mengomsi buah-buahan atau vitamin C.

3. Hand sanitizer

Ketika sulit mendapatkan air mengalir dan sabun untuk membersihkan tangan, alternatifnya kita bisa menggunakan hand sanitizer. 

Untuk itu, hand sanitizer adalah benda wajib selalu ada dan dibawa saat new normal.

4. Alat makan pribadi

Demi mencegah risiko penularan virus corona, ada baiknya jika kita selalu membawa dan menggunakan alat makan pribadi.

Meskipun belum ditemuinya kasus penularan virus corona melalui makanan, namun melakukan pencegahan dengan alat makan pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Masker cadangan

Seperti diketahui, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto, sempat mengatakan bahwa penggunaan masker kain yang baik adalah selama 4 jam. 

Oleh karenanya, kita perlu membawa masker cadangan yang dimasukkan ke dalam kantong plastik terpisah.

6. Tisu basah

Sebagai alternatif pengganti air dan sabun, serta hand sanitizer, kita perlu menyiapkan tisu basah untuk membersihkan tangan.

Selain itu, tisu basah juga bisa digunakan untuk mengenggam handle grip (gantungan tangan) saat menaiki transportasi umum.

7. Semprotan desinfektan

Sebelum dan sesudah menggunakan barang-barang, ada baiknya jika kita selalu menyemprotkan cairan desinfektan.

Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman pada permukaan barang-barang.

8. Alat ibadah pribadi

Satu hal lainnya yang pennting untuk mencegah risiko penularan virus corona, yaitu dengan membawa alat ibadah pribadi, seperti mukenah dan sajadah bagi umat muslim.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar