wb_sunny

Breaking News

Stay Safe dengan Dirumah Aja

Stay Safe dengan Dirumah Aja


Pandemi Covid-19 atau virus Corona telah mengubah aktivitas sehari-hari kita cukup drastis. Sebisa mungkin, kita harus menerapkan social distancing dan #dirumahaja untuk mengurangi penularan Covid-19.

Yang bersekolah atau kuliah kini harus belajar online sementara yang bekerja harus menjalani work from home (WFH). Mereka yang tak bisa WFH pun harus menaati aturan lainnya agar dapat beraktivitas aman di luar rumah.

Sekilas cara ini cukup sederhana untuk melindungi diri dan orang sekitar dari virus tersebut. Namun, bagi sebagian orang karantina di rumah bisa menjadi hal yang membuat stres dan jenuh.

Agar tak jenuh, ya, kita bisa melakukan kegiatan seru dan bermanfaat selama pandemi Corona. Jangan sampai wabah ini menghalangi kita untuk melakukan hal positif!

Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan selama Pandemi Corona

Di tengah pandemi Covid-19 ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan, kok. Kali ini Rukita akan mengajakmu melakukan kegiatan bermanfaat selama pandemi Corona.

Apa saja? Intip di bawah ini, yuk!

1. Memberikan bantuan makanan atau sembako

Ada begitu banyak masyarakat yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini, terutama dalam hal pekerjaan dan finansial. Tak sedikit orang-orang kehilangan pekerjaannya dan sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika ada rezeki lebih kamu bisa banget, lho, membantu mereka. Sumbangkanlah sebagian yang kamu miliki, bisa berupa makanan, sembako, atau berbentuk uang.

Kini, sudah banyak juga organisasi yang menyalurkan pangan kepada yang membutuhkan. Atau, kamu juga bisa berpartisipasi dengan terjun langsung untuk membagikan sembako.

2. Donor darah

Donor darah juga merupakan salah satu kegiatan bermanfaat selama pandemi Corona, lho! Saat ini, banyak pendonor yang tak bisa mendonorkan darah karena khawatir tertular Covid-19.

Menurunnya jumlah pendonor lantas membuat stok darah berkurang drastis. Nah, jika dalam kondisi sehat dan tak sulit menjangkau tempat donor darah, kamu bisa mencoba melakukannya!

Donor darahmu pasti sangat berguna bagi yang membutuhkan, bahkan bisa menyelamatkan nyawa. Selain itu donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Mendukung bisnis lokal

Seperti yang kamu tahu, nih, pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi banyak bisnis. Berbagai restoran, kafe, kedai, ataupun supermarket terpaksa tutup sementara bahkan gulung tikar.

Meski begitu ada beberapa pula usaha lokal seperti warung atau kedai pinggir jalan yang masih buka. Mereka pun tak punya pilihan lain untuk mendapatkan pemasukan dan bertahan hidup.

Sayangnya, pelanggannya pun berkurang drastis akibat dari pandemi ini. Nah, inilah saat yang tepat untuk membantu mereka! Kamu bisa terus membeli produk atau makanan mereka agar bisnisnya tetap bertahan.

Kamu juga bisa, lho, membeli makanan mereka lalu disumbangkan kembali kepada yang membutukan. Walau menurutmu mungin tak seberapa, hal ini akan sangat membantu bagi mereka.

4. Membantu tenaga medis

Jika wabah Covid-19 adalah sebuah perang, maka tenaga medislah yang kini berada di garda depan untuk melawan para ‘musuh’. Mereka pun bertaruh nyawa untuk menyembuhkan para penderita Covid-19.

Dukunglah kerja keras mereka dengan memberi bantuan. Misalnya, menyumbang peralatan APD, masker, atau berdonasi dalam bentuk uang untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan medis. Memberi bantuan berupa makanan juga bisa, lho!

Kamu bisa memberikannya secara langsung di rumah sakit rujukan Covid-19 atau melalui organisasi. Percaya, deh, sekecil apa pun bantuanmu pasti sangat bermanfaat!

5. Memberikan tips lebih

Jujur saja, di saat social distancing seperti ini terkadang kita masih harus pergi ke swalayan untuk membeli keperluan. Di swalayan inilah kita akan bertemu para pekerja atau kasir yang gigih bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Meski harus tersenyum melayani pelanggan, mereka pun pasti khawatir harus bekerja di tengah wabah ini. Untuk mengapresiasi mereka, nih, kamu bisa memberikan tips lebih semampumu.

Hal serupa juga bisa kamu lakukan kepada kurir, driver ojek, pramusaji, dan sebagainya. Bantuan kecil darimu bisa memberi manfaat besar kepada mereka.

Tak hanya terbantu dari segi materi, tuh, mereka juga akan merasa dihargai dan didukung secara moril. Rasanya menyenangkan, deh, saat melakukan kebaikan!

6. Membantu tetangga atau keluarga yang terpapar Covid-19

Jika ada tetangga atau saudara yang terpapar Covid-19, jangan malah dikucilkan! Berilah bantuan berupa sembako, makanan, atau kebutuhan lainnya yang mereka sulit dapatkan.

Kalau tak bisa mengantarkannya langsung ke rumah, kamu bisa menggunakan jasa kurir atau ojek online. Bantuanmu tak hanya bermanfaat untuk kebutuhan mereka, tapi juga memberi semangat untuk dapat sembuh.

7. Memberikan support kepada mereka yang diisolasi

Tahukah kamu, salah satu faktor kekuatan imun tubuh adalah suasana hati yang baik? Oleh karenanya, stres berlebihan bisa membuat kita rentan terhadap penyakit atau membuat tubuh jadi nggak fit.

Itulah mengapa penderita Covid-19 butuh dukungan dan pikiran positif untuk memperkuat imun tubuh. Selain bantuan pangan, kamu juga bisa memberi dukungan dengan mengirim pesan atau surat, lho!

Mendapatkan pesan atau surat dukungan dari seseorang bisa membuat mereka semangat. Hal ini akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan membantu menyingkirkan stres. Walau sederhana, cara ini sangat bermakna!

8. Saling menjaga komunikasi

Di saat pandemi ini memang pertemuan kita dengan orang-orang terdekat pun terhalang. Mau tidak mau, nih, kita harus menahan rindu demi saling menjaga kesehatan dari jauh.

Namun, hal ini bukan penghalang untuk tetap berkomunikasi, kok. Meski tak bisa bertemu secara fisik, kita tetap bisa bercengkrama melalui teknologi.

Jagalah komunikasi dengan kerabat atau orang-orang terdekat. Kamu bisa menelepon secara rutin setiap hari, video call, atau melalui chatting.

Saling menjaga komunikasi bisa memberikan ketenangan terhadap mereka dan diri sendiri. Hal ini juga mencegah kita dari stres bahkan depresi di dalam situasi sulit seperti sekarang ini.

9. Mematuhi imbauan

Aktivitas positif yang terakhir ini tentu saja harus kita lakukan selama wabah Corona. Tanpa mengerjakan kegiatan yang menurutmu berat, kamu bisa turut melakukan hal positif dengan mematuhi imbauan.

Seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker ketika ke luar rumah, social distancing, karantina mandiri atau #dirumahaja, dan tata cara lainnya untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu kamu juga bisa saling mengingatkan teman atau saudara untuk tidak bepergian hingga wabah ini selesai. Jangan malah pergi nongkrong atau menghadiri tempat ramai, lho!

Itulah 9 kegiatan bermanfaat selama wabah Corona yang bisa kamu lakukan. Jangan biarkan pandemi menghalangimu untuk berbuat hal positif, ya!

Apakah kamu sudah melakukan salah satu kegiatan di atas selama wabah ini? Tinggalkan komentarmu di bawah, yuk.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar